Profil & Biografi Neymar, Striker Kelas Dunia yang Ditakuti Kiper Lawan

kataSAPA.com

JAKARTA, - Neymar da Silva Santos Junior, atau lebih sering disapa Neymar adalah pesepak bola yang lahir di Mogi das Cruzes, Brazil. Pemain kelahiran 5 Februari 1992 ini merupakan anak dari pasangan Nadine Santos dan Neymar da Silva Sr. Ketertarikan Neymar dengan olahraga sepak bola juga didorong oleh profesi ayahnya dulu di bidang serupa.

Klub yang pertama Neymar adalah Portuguesa Santista. Ia bergabung dengan klub tersebut saat berusia 11 tahun. Kendati begitu, ia harus meninggalkan klub karena kepindahan keluarganya ke kota Santos.

Nama Neymar semakin melambung sejak bermain untuk Barcelona. Kini, Neymar merumput bersama Paris Saint-Germain, Prancis. Ia lebih sering dimainkan di posisi penyerang maupun pemain sayap.

Profil & Biografi Neymar

1. Masa Kecil

Neymar merupakan pesepak bola berbakat. Tak heran bila ia diincar oleh salah satu akademi sepak bola, yaitu Klub Santos FC.

Pada 2003, ia resmi bergabung dengan akademi yang telah melahirkan banyak pemain yang terkenal dalam sepak bola Brazil itu. Walaupun sudah masuk klub mumpuni, Neymar tidak langsung menjadi populer dan menjadi pemain terbaik.

Pada masa mudanya, Neymar telah mencatatkan prestasi yang luar biasa. Sebagai bukti kesuksesan, ia membeli properti pertama untuk keluarganya yaitu Vila Belmiro.

Kualitas kehidupan keluarganya mulai membaik sejak Neymar berusia 15 tahun. Sekitar 10.000 reais per bulan didapatkan Neymar dari kerja kerasnya bermain sepak bola.

2. Menuju Pentas Dunia

Sebelum resmi merumput, perlu 6 tahun untuk menjadikan Neymar sebagai pemain bagus. 7 Maret 2009 adalah debut pertama Neymar di lapangan bersama Santos FC.

Pada usia yang ke-17, pemain yang sering dijuluki dengan Pele masa depan ini berhasil mengalahkan Oeste dengan Skor 2-1. Di masa itu juga, ia menandatangi kontrak profesional penuh serta telah menerima sponsor.

Satu minggu kemudian ia telah mencetak gol kembali saat melawan Mogi Mirim. Pada tanggal 11 April, atau satu bulan setelah melawan Mogi Mirim, Neymar kembali mencetak gol dan menjadi penentu kemenangan melawan Palmeiras di semifinal liga pertama dengan skor akhir 2-1.   Dari 48 pertandingan Neymar mencetak 14 gol pada musim perdana.

Pada musim 2010 permainan gemilang kembali ditunjukkan Neymar. Tim yang dihuninya berhasil ia bawa menuju ajang Campeonato Paulista 2010. Sepanjang pertandingannya, ia menorehkan 14 gol.

Dan pada musim 2010, Neymar tercatat melesatkan 42 gol. Prestasinya ini mengantarkan ia menempati posisi ketiga penghargaan South American Footballer of the Year 2010.

Berkat kegemilangan ini, Neymar digadang-gadang sebagai titisan legenda sepak bola Brazil, seperti Robinho dan Pele.

Permainan cantik Neymar membuatnya diminati banyak klub Eropa, seperti West Ham United, Inggris. Namun tawaran dengan kontrak sebesar 12 juta pounds [Rp214 miliar] itu ditolak dengan alasan ingin fokus di sepak bola di Brazil.

Tak lama kemudian tawaran dari Chelsea menyusul. Namun  Santos memastikan tak akan menjual pemain terbaiknya itu. Kendati demikian, manajernya saat itu, Wagner Ribeiro menyadari impian Neymar untuk bermain di Eropa.

3. Karir di Eropa

Pesona Neymar semakin melejit di Eropa. Bahkan klub besar Spanyol, Real Madrid berminat untuk memboyongnya pada 2011. Los Blancos telah menawarkan pre-kontrak ke Neymar. Sayangnya, pemain yang saat itu berusia 21 tahun tersebut memilih memperpanjang kontrak bersama Santos FC.

Neymar tampil luar biasa di musim tersebut. Ia diganjar penghargaan ajang FIFA Puskas Award dan South American Footballer of the Year.

Neymar tampil gemilang saat memasuki musim 2012. Dia memborong sederet penghargaan dan berhasil mencetak gol ke-100 sehingga mendapatkan prestasi Golden Ball, Runner-Up FIFA Puskas Award dan South American Footballer of the Year.

Meski telah menyabet segudang penghargaan, impian Neymar untuk bermain di Eropa masih belum hilang.

Pada 24 Mei 2013, Santos mengumumkan bahwa Neymar ditawari oleh dua klub terkenal di Eropa. Akhirnya dia hijrah ke Barcelona pada 25 Mei 2013. Ia resmi bergabung bersama Lionel Messi dengan masa kontrak 5 tahun.

4. Neymar & Barcelona

Biaya transfer Neymar saat itu adalah 57 juta pounds atau sekitar Rp480,6 milyar. Transfer dengan kontrak lima tahun ini adalah kontrak dengan peringkat ke-10 termahal secara keseluruhannya.

Pada 3 Juni 2013, Neymar dinyatakan resmi bergabung bersama Barcelona FC setelah dia lulus dari tes medis dan diperkenalkan di hadapan 56.500 penggemar di stadion Camp Nou.

Penampilannya yang ciamik saat bermain di Barcelona menjadikannya sorotan publik. Kedatangan Neymar ini menjadi harapan besar buat Barcelona dalam mendukung performa tim yang biasa mengandalkan Messi.

Neymar mencetak gol perdana di Barcelona pada 7 Agustus 2013. Gol itu tercipta berkat kerjasamanya dengan Cesc Fabregas.

Selain itu, penampilan Neymar yang begitu memukau membuat pemain lawan sulit menghentikannya, kecuali dengan pelanggaran.

Pada laga El Clasico, Real Madrid vs Barcelona, Neymar kembali mencetak gol.  Gol ini mengantarkan La Blaugrana pada kemenangan melawan saingan bebuyutan.

5. Kehidupan Pribadi

Dalam kehidupan pribadinya, Neymar semakin disorot sejak menjadi seorang ayah. Pada Agustus 2011, Neymar telah memiliki anak laki-laki yang dinamai Davi Lucca. Putra sulungnya itu lahir di Sao Paulo. Meski begitu, identitas ibu kandung dari bayi ini belum diketahui publik.

Kabar terbaru menyebutkan Neymar telah menjalin asmara atau berpacaran dengan model asal Brazil, yaitu Bruna Marquezine.

Neymar sempat menghebohkan publik saat menghadiri acara besar dance bersama kekasihnya Bruna. Dalam rekaman video yang viral, Neymar berkata:

“Hei cantik, untukmu yang terlihat cantik seperti biasanya kupersembahkan pesan ini untukmu. Kamu sangat mempesona, dan tetap buatlah aku terus jatuh cinta dengan dansamu.”

Demikian biografi Neymar sedari awal merintis karier dalam sepak bola hingga mencapai kesuksesan. Bagi penggemar Neymar, mudah-mudahan setelah membaca biografi ini bisa lebih mengenal bintang asal Brazil itu.

Agar tak ketinggalan berita terupdate tentang Neymar, sebaiknya cek situs PeluitPanjang.id untuk mendapatkan informasi dunia bola terkini.

PeluitPanjang.id adalah portal berita olahraga khususnya sepak bola terupdate. Situs ini dibentuk pada 7 Februari 2020 di Jakarta oleh sekumpulan anak muda yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi pelopor berita olahraga dengan informasi terdepan dan terakurat.

Konten yang disajikan PeluitPanjang.id berupa berita mengenai sepak bola dalam dan luar lapangan. Seiring waktu, PeluitPanjang.id berkembang dengan memberikan pemberitaan lebih menyeluruh, di antaranya menyuguhkan analisis pertandingan yang akan berjalan secara lengkap.

Selain berita tentang Neymar, ada juga berita terupdate dari pemain bintang dan klub beberapa liga top dunia seperti Premier League Inggris, Bundes Liga Jerman, La Liga Spanyol, Serie A Italia dan Ligue 1 Prancis.

mastermedia.co.id

Pasang Kandang Jebak, Cara BKSDA Aceh Tangani Konflik Manusia dan Harimau Sumatra di Tapaktuan

mastermedia.co.id

Ukraina Terima Kiriman Senjata Berat dari Jerman

mastermedia.co.id

MenKopUKM Sambut Solo Keroncong Festival 2022 Jadi Ajang UMKM Berkreasi dan Berinovasi

mastermedia.co.id

Menlu Rusia Ungkap Tujuan Sebenarnya dari Operasi Militer Moskow di Ukraina

mastermedia.co.id

Fasilitas Tambahan di Aston Cirebon, Ajarkan Anak Berkreasi dengan Tanah Liat

mastermedia.co.id

BS Lady Cirebon Gelar 1st Gathering Buttonscarves

mastermedia.co.id

Partai Demokrat Kota Cirebon Solid, Optimistis Hadapi 2024

mastermedia.co.id

Banyak Acara Hari Jadi Cirebon, Pemda Kota Cirebon Siapkan Kantong Parkir Baru di Jalan Siliwangi

mastermedia.co.id

Mulai Rabu Malam, Jalan Siliwangi Kota Cirebon Ditutup Sementara

mastermedia.co.id

Wakil Wali Kota Cirebon Minta Memayu Cirebon Jadi Kebiasaan

mastermedia.co.id

Partai Demokrat Jabar Umumkan Hasil Muscab Serentak

mastermedia.co.id

Peringati Hari Anak Nasional, Anak Pesisir Cirebon Pilih Baca Buku di Atas Perahu

mastermedia.co.id

Peringati Hari Anak Nasional, Konsumen Alfamart Bagikan Ribuan Perlengkapan Sekolah

mastermedia.co.id

Pengadilan Tutup Kasus Perintah Penahanan terhadap Ricky Martin

mastermedia.co.id

Jokowi Dukung Kenaikan Harga Tiket Taman Nasional Komodo

mastermedia.co.id

Kelas Inspirasi: Kisah Para Profesional di Antara Bangku Sekolah Dasar

mastermedia.co.id

Wabah PMK Indonesia Dorong Pembatasan di Selandia Baru, Australia

mastermedia.co.id

Komnas HAM Papua Belum Bisa Kirim Tim ke Nduga

mastermedia.co.id

Cegah Terjadinya Perang Nuklir, Lukashenko Minta Konflik Ukraina Segera Dihentikan

mastermedia.co.id

Suriah Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Ukraina

mastermedia.co.id

Berbekal Senjata Barat, Zelensky Yakin Pasukan Ukraina Bisa Kalahkan Rusia

mastermedia.co.id

Krisis Pangan Makin Buruk, Golkar: Akibat Anomali Cuaca dan Dampak Perang Rusia vs Ukraina

mastermedia.co.id

Roy Citayam Tolak Beasiswa Sandiaga, Cinta Laura: Harusnya Ambil, Pendidikan itu Sangat Spesial

mastermedia.co.id

Erdogan Minta AS Berhenti Dukung Militan Kurdi dan Segera Angkat Kaki dari Suriah

mastermedia.co.id

Satu Lagi Negara Eropa yang Akui Kemerdekaan Donetsk dan Lugansk

mastermedia.co.id

Minta Hasil Autopsi Pertama Brigadir J Disampaikan ke Publik, Sahroni: Harus Ada Management Timing

mastermedia.co.id

Suka atau Tidak, Eropa Harus Beli Tambahan Gas dari Rusia

mastermedia.co.id

GreatDay HR Menutup Celah Risiko Pemalsuan Absensi Karyawan dengan Kembangkan Teknologi Face Matching System & Liveness Check

mastermedia.co.id

Baru Bebas Bersyarat, Musni Umar Minta HRS dan Loyalisnya Kendalikan Diri

mastermedia.co.id

Buntut Sengketa Merek Dagang, Putra Siregar Tutup PS Glow